silpanus

Menulis di blog & website silpanus74@blogspot.com www.sman1danausembuluh.sch.id ...

Selengkapnya
2 Hari 1 CINTA

2 Hari 1 CINTA

Adakah yang menginginkan bencana alam? Tentu jawabnya “tidak”. Setiap orang pasti menginginkan dalam hidup ini bebas dari semua bencana alam, sebab harga yang di bayar dari sebuah bencana alam, acapkali membuat jerit kepedihan, putus asa, hilang harapan bahkan korban jiwa. Senandung rindu dendam, kepedihan dan isak tangis, hadir sebagai bagian dalam irama melodies yang mewarnai hadirnya bencana alam. Berharap menggugah hati dan perasaan jiwa kita untuk peduli dengan korban bencana.

Palu _ Donggala Sulawesi Tengah, wilayah yang terdampak gempa bumi dan tsunami, menjadi catatan sejarah di tahun 2018. Memberikan gambaran nyata akan bencana alam yang menciptakan rasa duka yang dalam, khususnya bagi masyarakat setempat yang kehilangan tempat tinggal dan sanak saudara, keluarga terpisah satu dengan lainnya hanya dalam hitungan menit. Betapa dahsyatnya dampak dari bencana alam yang meluluhlantakan Palu_Donggala. Derita kembali mewarnai Nusantara setelah bencana alam di Lombok, NTB. Ada apakah gerangan yang terjadi dari semuanya ini, Hmm, hanya Tuhanlah yang mengetahui semuanya. Akankah ini pertanda agar kita sebagai ciptaannya harus selalu “bersatu”.

Kepedulian dan jiwa kemanusiaanpun terketuk kembali, bukan hanya karena kerena moment bencananya yang membuat solidaritas muncul. Atau semata mata ingin menjadi popular karena terlibat dalam aksi solidaritas. Namun karena tidak kuasa untuk membiarkan saudara saudara korban gempa untuk menanggung penderitaan, menjadi “hancur” hatinya tanpa ada dukungan dan perhatian dari saudara sebangsa dan setanah air. Scout (pramuka.red) SMA Negeri 1 Danau Sembuluh, dengan keterbatasannya menginisiasi diri menjembatani untuk mengumpulkan sumbangan sukarela dari semua elemen yang ada di sekitar Desa Sembuluh. Mulai dari Taman Kanak Kanak (TK, Tunas Danau, TK Darul Qarar, TK Bina Desa), Sekolah Dasar, (SDN-1 Sembuluh II, SDN-2 Sembuluh II, SDN 1 Sembuluh I) Sekolah Menengah Pertama (SMPN-2 Danau Sembuluh), MTs Assalatiah, SMAN-1 Danau Sembuluh, SMK Kertapati, Puskesmas Danau Sembuluh, Masyarakat Umum (Desa Sembuluh I dan Desa Sembuluh II), para pedagang, hingga para Karyawan dan Karyawati PT. Salonok Ladang Mas (PT.SLM).

Dua hari satu cinta, adalah aksi yang dilakukan oleh scout SMANSADASE, dengan berjalan ke tiap unit kerja yang ada di Desa Sembuluh, mereka menemui penduduk, anak anak sekolah, guru guru, para pedagang dan petugas medis, agar berkenan mendonasikan sebagian rezekinya untuk korban bencana di Palu_Donggala. Dari pintu ke pintu mereka lakukan untuk mengetuk hati setiap warga agar turut prihatin dan memberikan sumbangan sukarelanya juga. Semuanya satu hati, turut dengan iklas memberikan sebahagian rezekinya untuk di donasikan. Hari pertama, para anak anak pramuka gudep 10184-10185 di bawah pembinaan ibu Nurul Eva Widyastatik, SE menjelajah Desa Sembuluh satu dan Desa Sembuluh dua, mengumpulkan sumbangan sukarela dari masyarakat, dan sekolah sekolah. Inilah wujud dari rasa “bersatu”nya setiap elemen yang ada di sebuah Desa (Sembuluh Satu dan Sembuluh Dua) untuk korban bencana.

Hari Kedua, kembali scout SMANSADASE menjelajah ke Perusahaan Perkebunan, mengumpulkan sumbangan sukarela dari para karyawan karyawati PT. Salonok Ladang Mas (PT.SLM), niat yang baik dan tulus, tentulah akan selalu mendapatkan respon yang baik pula. Dukungan solidaritas dari karyawan dan karyawati PT. Salonok Ladang Mas. Menunjukkan bahwa “kita” yang berada di wilayah Desa Sembuluh Satu dan Desa Sembuluh Dua, juga merasakan bahwa penderitaan korban bencana alam di Palu_Donggala juga menjadi perhatian kita semua. walaupun donasi yang di kumpulkan nominalnya tidak besar. Namun semuanya di berikan dengan niat baik dan tulus untuk dapat dipergunakan dengan sepatut dan selayaknya dan di sampaikan kepada para korban bencana alam.

Harapan dibalik bencana dan aksi aksi solidaritas yang telah di lakukan, adalah pasca bencana alam yang menimpa Palu_Donggala. Kedepannya masyarakat dan wilayah ini kembali berangsur angsur berbenah diri dan kembali pulih dari keterpurukan. Hingga kembali menjadi masyarakat dan kota yang benar benar menjadi “kuat” setelah bencana yang menimpa. Melodi yang sendu, sedih akan berganti dengan melodi yang penuh keceriaan dengan semangat baru. Berharap langit baru yang penuh harapan kembali tercipta di Palu_Donggala. Semoga INDONESIA, masyarakatnya senantiasa menjadi masyarakat yang selalu bersatu. Semoga Scout (Pramuka.red) SMAN -1 Danau Sembuluh selalu dapat menginisiasi unitnya untuk menjadi penggagas yang baik dan tentunya selalu memiliki niat yang baik pula.

Kata Kunci

#2 HARI 1 CINTA#

“tidak” “bersatu” “hancur” “bersatu” “kita” “kuat” Kita semua bersaudara, salam damai dari DESA SEMBULUH untuk PALU_DONGGALA Salam Pramuka..!!

https://youtu.be/nN2pwWj6wng
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantap. Semoga selalu tertanam dihati anak2 dan kita semua kepedulian pada sesama untuk selalu berbagi bahagia.

10 Oct
Balas

Iya Bu, semoga demikian adanya, salam literasi dari Desa Sembuluh

10 Oct

Saya juga keturunan orang sembuluh pak. Saudara misan jauh pak H. Darwan Ali

10 Oct
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali